Tech Tips

iPhone , iPad atau iPod kalian tidak terdeteksi di iTunes ?

Jika kondisi iPhone, iPad atau iPod kalian kondisi normal tetapi tidak dapat terhubung dengan iTunes, perlu di coba :

  • Coba restart komputer atau kaptop kalian, restart juga iPhone, iPad atau iPod kalian
  • Coba ganti kabel USB dengan yang lain, bisa beli atau meminjam jika ada temen yang memilikinya
  • Coba update iTunes di komputer atau laptop kalian
  • Coba update juga iOS pada perangkat kalian
  • Jika menggunakan windows coba matikan antivirusnya
  • Coba update os windows atau macOS kalian
  • Masih tidak bisa ? Coba uji kabel usb komputer atau laptop kalian dengan perangkat lain maksudnya dg iPhone, iPad atau iPod lain milik teman atau saudara, apakah bisa ? Jika bisa artinya iPhone, iPad atau iPod kalian yang tidak bisa tersambung mengalami masalah pada hardwarenya, bahkan bisa saja mesin atau main boardnya.

Bagaimana dengan posisi iPhone, iPad atau iPod posisi recovery mode tidak bisa terhubung dengan iTunes di komputer atau laptop ?

Langkahnya sama saja dengan di atas, tetapi posisi recovery mode bisa juga dilakukan agar iPhone, iPad atau iPod keuar dulu dari recovery mode utk menguji apakah bisa terhubung atau tidak.

Jika semua langkah keluar dari recovery mode dan iPhone, iPad atau iPod kalian tetap stuck di recovery mode ini juga biasanya ada kerusakan pada hardware, bisa krn battery, bisa karena socket connector bisa krn mesin nya

Jika komputer Atau laptop tidak mengenali iPhone, iPad atau iPod yang terhubung, Kalian mungkin melihat kesalahan yang tidak diketahui atau kesalahan “0xE”.  Jika Kalian melakukannya, ikuti langkah-langkah ini dan coba sambungkan perangkat Kalian lagi setelah setiap langkah:

 Pastikan perangkat Kalian tidak terkunci dan berada di layar Utama.

 Periksa apakah Kalian memiliki perangkat lunak terbaru di Mac atau PC Windows Anda.  Jika Anda menggunakan iTunes, pastikan Kalian memiliki versi terbaru.

Pastikan perangkat Kalian dihidupkan.

Jika kalian melihat peringatan Percayai Komputer ini, buka kunci perangkat Kalian dan ketuk Percayai.

Cabut semua aksesori USB dari komputer Kalian kecuali perangkat Kalian.  Coba setiap port USB untuk melihat apakah ada yang berfungsi.  Kemudian coba kabel USB Apple yang lain. 

 Hidupkan Kembali komputer Kalian

 Mulai ulang perangkat Kalian

 

Coba sambungkan perangkat Kaliam ke komputer lain.  Jika Kaliam mengalami masalah yang sama di komputer lain, artinya ada masalah pada hardware perangkat kalian

Untuk bantuan lebih lanjut, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Mac atau PC Windows Kalian.

Jika Kalian menggunakan Mac

 Sambungkan perangkat iOS atau iPadOS Kalian dan pastikan perangkat tidak terkunci dan di layar Utama.

 Di Mac Kalian, tahan tombol Option, klik menu Apple, dan pilih Informasi Sistem atau Laporan Sistem.

 Dari daftar di sebelah kiri, pilih USB.

 Jika Kaliam melihat iPhone, iPad, atau iPod Kaliam di bawah USB Device Tree, dapatkan macOS terbaru atau instal pembaruan terkini.  Jika Kalian tidak melihat perangkat Kalian kemungkinan ada kerusakan pada hardware perangkat kalian.

Jika kalian menggunakan PC Windows

 Langkah-langkahnya berbeda bergantung pada apakah Kalian mengunduh iTunes dari Microsoft Store atau dari Apple.

Jika Kaliam mengunduh iTunes dari Microsoft Store

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal ulang driver USB Perangkat Seluler Apple:

Putuskan sambungan perangkat Kaliam dari komputer.

Buka kunci perangkat Kalian dan buka layar Utama.  Kemudian sambungkan kembali perangkat Kaliam.  Jika iTunes terbuka, tutuplah.

 Klik dan tahan (atau klik kanan) tombol Start, lalu pilih Device Manager.

 Temukan dan perluas bagian Perangkat Portabel.

 Cari perangkat Kaliam yang terhubung (seperti Apple iPhone), lalu klik kanan pada nama perangkat dan pilih Perbarui driver.

 Pilih “Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui”.

 Setelah perangkat lunak diinstal, buka Pengaturan Pembaruan Keamanan Pembaruan Windows dan verifikasi bahwa tidak ada pembaruan lain yang tersedia.

 

Buka iTunes.

Jika Kaliam mengunduh iTunes dari Apple

 Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal ulang driver USB Perangkat Seluler Apple:

 Putuskan sambungan perangkat Kalian dari komputer.

 Buka kunci perangkat kalian dan buka layar Utama.  Kemudian sambungkan kembali perangkat Kalian.  Jika iTunes terbuka, tutuplah.

Tekan tombol Windows dan R pada keyboard Kalian untuk membuka perintah Run.

 Di jendela Jalankan, masukkan:

 % ProgramFiles% \ Common Files \ Apple \ Mobile Device Support \ Drivers

 Klik OK.

 Klik kanan pada file usbaapl64.inf atau usbaapl.inf dan pilih Instal.

Kalian mungkin melihat file lain yang dimulai dengan usbaapl64 atau usbaapl.  Pastikan untuk menginstal file yang diakhiri dengan .inf.  Jika Kaliam tidak yakin file mana yang akan diinstal, klik kanan area kosong di Jendela File Explorer, klik View, lalu klik Details untuk menemukan jenis file yang benar.  Kalian ingin menginstal file Setup Information.

Putuskan sambungan perangkat Kalian dari komputer, lalu hidupkan ulang komputer Kalian

Sambungkan kembali perangkat Kalian dan buka iTunes.

Jika perangkat Kalian masih tidak dikenali

Periksa Device Manager untuk melihat apakah driver USB Perangkat Seluler Apple telah diinstal.  Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka Pengelola Perangkat:

Tekan tombol Windows dan R pada keyboard Kalian untuk membuka perintah Run.

 Di jendela Jalankan, masukkan devmgmt.msc, lalu klik OK.  Pengelola Perangkat harus terbuka.

 Temukan dan perluas bagian pengontrol Universal Serial Bus.

 Cari driver USB Perangkat Seluler Apple.

 Jika Kalian  tidak melihat Driver USB Perangkat Seluler Apple atau Kalian melihat Perangkat Tidak Dikenal:

 Hubungkan perangkat Kalian ke komputer dengan kabel USB yang berbeda.

Hubungkan perangkat Kalian ke komputer lain.  Jika Kalian mengalami masalah yang sama di komputer lain, kemungkinan ada masalah hardware diperangkat kalian

Jika Kalian melihat driver USB Perangkat Seluler Apple dengan simbol kesalahan:

 Jika Kalian melihat,, atau di samping driver USB Perangkat Seluler Apple, ikuti langkah-langkah berikut:

 Mulai ulang Layanan Perangkat Seluler Apple.

 Periksa dan selesaikan masalah dengan perangkat lunak keamanan pihak ketiga, kemudian mulai ulang komputer Kaliam.

 Coba instal kembali file usbaapl64.inf atau usbaapl.inf.

Jika semua cara sudah kalian lakukan masih juga tidak dapat terhubung dengan iTunes maka kalian perlu bantuan tukang service terpercaya utk memeriksa perangkat kalian.

Smoga bermanfaat ya